Rabu, 28 September 2011

Tugas Mata kuliah Bahasa Indonesia "Bentuk Karangan"


Bentuk karangan terdiri dari lima macam, yaitu :
1.         Eksposisi
Contoh :
     Membaca intensif merupakan kegiatan membaca secara teliti atau membaca secara seksama bacaan berupa teks. Tujuan membaca dengan cara ini untuk mendapatkan pemahaman isi bacaan secara tepat dan rinci. Misalnya, mengetahui hal-hal yang diperlukan.
2.         Argumentasi
Contoh :
     Air yang tergenang seperti di kaleng-kaleng bekas dan di selokan harus dibersihkan. Air yang tergenang itu tidak boleh dibiarkan karena menjadi sarang nyamuk. Nyamuk akan bertelur dan berkembang biak di genangan air tersebut.
3.         Deskripsi
Contoh :
     Malam ini indah sekali. Bintang-bintang di langit berlap-kelip memancarkan cahaya. Udara dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik mengukus sepinya malam.
4.         Persuasi
Contoh :
     Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh sebab itu, hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.
5.         Narasi
Contoh :
     Hafiz terkejut mendengar suara kemenakannya itu. Dengan segera ditariknya tali timba pengangkat tanah, tempat Abdullah tergantung. Ketika itu tampaknya oleh Hafiz mata air berbusa-busa naik keatas dengan cepat, besar, dan jernih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar