Kamis, 29 September 2011

Tugas Kalimat Efektif 1


KALIMAT EFEKTIF I

Ciri – ciri kalimat efektif
1.    Minimal ada subjek (S) dan predikat (P). Oleh karena itu, sebaiknya kalimat yang kita buat harus memperhatikan hal – hal berikut:
A.      Subjek tidak boleh diawali dengan preposisi
·      Kepada siswa yang saya cintai dipersilahkan duduk ( tidak efektif )
Siswa yang saya cintai dipersilahkan duduk  ( efektif )
·      Semua hadirin mempertanyakan tentang ketidakhadiran kepala desa (tidak efektif)
Hadirin mempertanyakan tentang ketidakhadiran kepala desa ( efektif )
·      Kepada hadirin dipersilahkan meninggalkan ruangan ini ( tidak efektif )
Hadirin dipersilahkan meninggalkan ruangan ini ( efektif )
·      Pada setiap perpustakaan harus diadakan penyediaan semua buku pelajaran  ( tidak efektif )
Setiap perpustakaan, harus menyediakan semua buku pelajaran ( efektif )
B.       Antara subjek dan predikat jangan disisipi kata yang
·      Kamarku yang rapih (tidak efektif)
Kamarku rapih (efektif)
·      Bunga itu yang harum dipetik oleh Ani (tidak efektif)
Bunga itu harum dipetik oleh Ani (efektif)
·      Adikku yang manis (tidak efektif)
Adikku manis (efektif)
·      Sungai itu yang kotor (tidak efektif)
Sungai itu kotor (efektif)
·      Sampah dari rumah itu yang menimbulkan bau
Sampah dari rumah itu menimbulkan bau
2.    Semua kata yang digunakan baku
·      Kakak saya bekerja di apotek (tidak efektif )
Kakak saya bekerja di apotik (efektif)
·      Paman pulang dari Bandung naik bus (tidak efektif)
Paman pulang dari Bandung naik bis (efektif)
·      Saya suka membeli barang yang kualitasnya bagus (tidak efektif)
Saya suka membeli barang yang kwalitasnya bagus (efektif)
·         Saya meminta legalisiasi Kepala Sekolah (tidak efektif)
Saya meminta legalisir Kepala Sekolah (efektif)
·         Di rumah Ani sedang membutuhkan sekuritas (tidak efektif)
Di rumah Ani sedang membutuhkan secuity (efektif)
3.    Hemat dalam penggunaan kata
·         Dia sudah menunggu sejak dari pagi (tidak efektif )
Dia sudah menunggu sejak pagi (efektif )
·         Karena ia tidak di ajak, dia tidak ikut belajar bersama dirumahku (tidak afektif )
Karena tidak di ajak, dia tidak ikut belajar bersama dirumahku (efektif )
·         Kedua saudara itu saling cerita (tidak efektif )
Kedua saudara itu bercerita (efektif )
·         Romeo dan Juliet berjanji selalu saling setia (tidak efektif )
Romeo dan Juliet berjanji saling setia (efektif )
·          Pencuri itu telah ditangkap polisi (tidak efektif )
Pencuri itu ditangkap polisi (efektif )
4.    Logis dan masuk akal
·         Hp itu di curi maling (tidak efektif )
Maling itu mencuri hp (efektif)
·         Bajuku itu dibasahi oleh air (tidak efektif )
Air itu membasahi bajuku (efektif )
·         Rambut Anisa dipotong oleh Dina (tidak efektif )
Dina memotong rambut Anisa (efektif )
·         Jalan lalu lintas dihalangi kecelakaan mobil (tidak efektif )
Kecelakaan mobil menghalangi jalan lalu lintas (efektif )
·         Lantai itu dikotori adik (tidak efektif )
Adik mengotori lantai itu (efektif )
5.    Pararelisme
·         Pekerjaan Delia setiap pagi adalah  membersihkan halaman dan penyiraman tanaman (tidak efektif)
Pekerjaan Delia setiap pagi adalah membersihkan halaman dan menyiram tanaman (efektif)
·         Berung – burung itu sedang berlatih berkicau dan pengepakkan sayapnya ( tidak efektif )
Burung – burung itu sedang berlatih berkicau dan mengepakkan sayapnya ( efektif )
·         Setiap pagi saya selalu membereskan kamar dan pencucian baju ( tidak efektif )
Setiap pagi saya selalu membereskan kamar dan mencuci baju ( efektif  )
·         Saya  ingin perubahan diri lebih baik ( tidak efektif )
Saya ingin merubah diri lebih baik ( efektif )
·         Hobi Ani yaitu menulis dan pembaca ( tidak efektif )
Hobi Ani yaitu menulis dan membaca ( efektif )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar